Cara Mudah Backup File dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

  • Bagikan
Cara Mudah Backup File dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

Jakarta, Bacadaring.com – Memiliki ponsel baru meskipun ini bisa sangat mengasyikkan, harus berganti ponsel juga bisa sangat menyebalkan. Anda tidak hanya harus memastikan semua data anda dicadangkan, tetapi anda juga harus menemukan cara untuk mentransfer akun anda dan memastikan semua aplikasi favorit Anda diinstal ulang.

Peninjau Otoritas Android telah menjadi ahli dalam beralih antar perangkat setiap beberapa minggu tanpa banyak pusing. Begini cara melakukannya.

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum berpindah ponsel

1. Sebelum anda beralih ponsel, anda pasti ingin memastikan bahwa telah mencadangkan data penting, kontak, foto, dan file anda. Selanjutnya, bagaimana anda dapat melakukannya, dengan cepat, untuk memastikan dapat mentransfer data ponsel dengan mudah. Untuk pencadangan dan persiapan untuk berpindah ponsel dan mentransfer data.

2. Anda juga ingin memastikan ponsel lama dan ponsel baru anda terisi penuh dan siap digunakan tanpa gangguan besar. Beberapa pabrikan akan menyertakan dongle atau kabel untuk membantu anda beralih dari perangkat lama ke yang baru. Jika ya, itu bagus, tetapi tidak selalu umum, dan banyak orang beralih ke ponsel bekas, tanpa dongle dan kabel berpemilik.

3. Lakukan di Wifi. Dengan banyaknya unduhan dan unggahan yang akan terjadi, anda pasti ingin menggunakan Wifi, bukan operator atau data jaringan anda, jika memungkinkan.

4. Beralih dari iPhone ke Android panduan ini sebenarnya bukan untuk anda, tetapi yang ini adalah cara beralih dari iPhone ke Android.

5. Kiat sebelum kita mulai jangan menghapus selama anda bisa, jika anda bisa, jangan menghapus ponsel lama anda selama mungkin. Anda tidak pernah bisa yakin apakah ada alasan mengapa anda perlu mengaktifkan ponsel lama sekali lagi.

Misalnya, beberapa aplikasi perbankan suka mengizinkan satu perangkat dan tidak mengizinkan perangkat baru diberi otorisasi hingga perangkat lama dilepas sambungannya secara manual. Terkadang ini adalah dunia yang aneh dalam aplikasi, dan menyimpan ponsel lama anda selama satu atau dua minggu setidaknya dapat menghemat beberapa masalah seperti menunggu untuk mendapatkan bantuan dari layanan pelanggan.

Instal aplikasi cadangan

Kami menyarankan menggunakan beberapa aplikasi Google gratis untuk mempersiapkan pencadangan, jika anda belum melakukannya. Google juga membuatnya sangat mudah untuk mencadangkan gambar, video, dan file lainnya menggunakan Foto dan Drive.

Google Drive sangat bagus karena memungkinkan anda mengunggah file apapun dari ponsel anda dan mengaksesnya dari hampir semua perangkat lain. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat menyimpan dokumen penting apa pun dan menariknya kembali ke ponsel cerdas baru setelah anda masuk dengan akun Google.

Dengan Google Foto, anda dapat memilih untuk mencadangkan setiap foto, tangkapan layar otomatis, dan video yang ditemukan di ponsel anda. Mencadangkan ini dalam kualitas aslinya akan dihitung dari alokasi penyimpanan online anda.

Sayangnya, penyimpanan tak terbatas di Foto Google akan berakhir pada Juni 2021. Ini kemudian akan dihitung dalam 15 GB penyimpanan gratis yang didapat setiap pengguna. Jika ini belum cukup, anda dapat mendaftar ke Google One dan membayar lebih banyak ruang.

Google Messages melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk membuat cadangan pesan teks. Namun, anda mungkin tidak dapat menyimpan MMS. Banyak pengguna merekomendasikan SMS Backup & Restore dalam kasus ini.

Gunakan cadangan dalam aplikasi

Salah satu fitur yang berguna untuk aplikasi yang lebih kompleks dengan informasi penting adalah cadangannya sendiri. Misalnya, jika anda mengirim pesan melalui WhatsApp, maka anda dapat masuk ke pengaturannya dan meminta aplikasi menyimpan catatan obrolan anda ke akun Google Drive, yang memastikan Anda tidak kehilangan pesan.

Signal menawarkan hal yang sama, sementara Telegram menyimpan obrolan anda di cloud, sehingga dapat diakses setelah anda masuk ke perangkat baru. mungkin terkejut betapa banyak aplikasi yang menawarkan jenis layanan ini, tetapi anda harus memeriksa ulang setiap aplikasi yang mungkin memiliki file terpenting anda, terutama jika memiliki dokumen atau foto khusus atau aplikasi vault.

Cara mentransfer data dari satu ponsel ke ponsel lainnya

Opsi 1: Opsi cadangan bawaan Android

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah menyempurnakan fitur pencadangan dan pemulihan Android untuk memudahkan peralihan Android. Selama opsi diaktifkan, ponsel anda harus menangani penyimpanan data aplikasi, riwayat panggilan, kontak, pengaturan perangkat, dan bahkan pesan teks SMS ke akun Google Drive anda.

Cadangan Android lengkap dapat diaktifkan dengan membuka Pengaturan> Google> Cadangan. Ingatlah bahwa langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda, tergantung pada ponsel yang anda miliki. Pencadangan terjadi secara otomatis di latar belakang, tetapi dapat dimulai secara manual di ponsel Android hanya dengan menekan tombol Cadangkan sekarang.

Dengan mengikuti rute ini, saat anda memasuki proses penyiapan di ponsel Android baru, Google akan menawarkan opsi untuk memulihkan semua data ini dari cloud. Cukup pilih cadangan terbaru, dan handset akan menangani pekerjaan untuk menyalin data.

Satu tip penting untuk anda yaitu tidak dapat memulihkan cadangan dari versi Android yang lebih baru ke ponsel yang menjalankan versi Android yang lebih lama. Artinya anda tidak dapat memulihkan ponsel Android 11 ke ponsel Android 10 yang lebih lama prosesnya mengasumsikan anda selalu meningkatkan versi. Tapi, jika ini menjadi masalah, anda harus bisa mengupdate ponsel Android 10 terlebih dahulu. Ini hanya akan memakan waktu.

Opsi 2: Cadangan ADB

Salah satu metode pencadangan yang kurang terkenal direkomendasikan hanya untuk pengguna yang mahir dan pengembang yang menggunakan alat Android debug bridge (ADB) Google. Anda dapat mencadangkan sebagian besar data di ponsel serta aplikasi yang diinstal.

File cadangan bahkan disimpan ke komputer anda untuk diakses kapan saja atau dikembalikan ke perangkat Android apa pun. Itu memberi anda lebih banyak kendali atas opsi cadangan Anda dan memungkinkan anda memiliki basis yang sama ke beberapa telepon sekaligus.

Namun, karena proses ini melibatkan penggunaan alat pengembang Google, kami memperingatkan anda hanya untuk menggunakan opsi ini jika anda memiliki pengalaman sebelumnya menggunakan ADB atau anda baik-baik saja melakukannya perlahan dan hati-hati dalam perjalanan anda.

Untuk memulai, anda perlu mengunduh dan menyiapkan Android SDK di komputer. Pertama, aktifkan opsi pengembang dan debugging USB pada smartphone anda. Kemudian, hubungkan ke komputer dan pastikan ADB berfungsi dengan benar.

Di sana, ketik dan jalankan adb backup-apk-shared-all-f<filepath>/backup.ab di terminal atau Command Prompt. Dari sana, sebuah jendela akan muncul di perangkat Android anda. Di sini, anda memiliki opsi untuk melindungi file cadangan dengan kata sandi dan memulai proses.

Pastikan tampilan smartphone anda tidak tidur selama proses pencadangan. Ini akan berhenti bekerja dan tidak akan menyimpan semua data perangkat anda. Setelah perangkat baru disiapkan dan disambungkan ke komputer, jalankan perintah adb restore <filepath> /backup.ab. Jendela serupa akan muncul di ponsel anda menanyakan apakah anda ingin memulihkan data yang dicadangkan. Setelah beberapa menit, anda akan melihat salinan kasar perangkat lama anda di perangkat baru.

Sayangnya, cadangan ADB tidak sempurna. Ini adalah rute yang diambil untuk menyimpan file cadangan di komputer lokal, bukan di cloud. Sayangnya, ini belum tentu mencakup semuanya.

Cara mentransfer aplikasi dari satu Android ke ponsel Android lainnya

Mentransfer aplikasi sebenarnya cukup mudah, dengan beberapa opsi yang tersedia.

1. Memulihkan dari cadangan sebelumnya

Jika anda berhasil mencadangkan perangkat, langkah pertama adalah mengizinkan Android mengakses cadangan anda. Ini termasuk daftar aplikasi yang telah anda instal di ponsel terakhir anda. Ponsel Android baru anda akan secara otomatis menginstal semua aplikasi yang tersedia dari Google Play Store lagi. Sayangnya, beberapa aplikasi akan mengingat anda, tetapi beberapa aplikasi mengharuskan anda untuk masuk lagi. Itu tergantung pada pilihan pengembang.

2. Buka perpustakaan Google Play Store anda

Mungkin anda tidak ingin mereplikasi semua aplikasi anda saat berpindah telepon. Seringkali merupakan ide yang bagus juga untuk melewati opsi itu dan memulai dengan ponsel yang bersih. Anda dapat dengan cepat mengakses aplikasi yang diinstal sebelumnya. Untuk melakukannya, buka Google Play Store> Menu (tiga garis vertikal)> Aplikasi & game saya> Perpustakaan.

Ini akan mencantumkan setiap aplikasi yang telah Anda pasang di perangkat apa pun yang terkait dengan akun anda. Ini mungkin daftar panjang teman-teman yang terlupakan dengan banyak keputusan yang harus diambil saat anda pergi. Mungkin lebih cepat melakukan hal yang sama hanya dari PC di web, atau mungkin lebih lambat tergantung pada berapa banyak klik yang terlibat.

Jangan lupa kata sandi dan 2FA

Salah satu masalah yang paling menonjol saat beralih antar perangkat adalah masuk kembali ke setiap aplikasi. Beberapa pengembang telah menerapkan kemampuan untuk masuk menggunakan akun Google anda atau akun media sosial lainnya. Namun, banyak yang membutuhkan nama pengguna dan sandi yang harus anda ingat.

Cara termudah dan teraman untuk memudahkan proses ini adalah dengan menggunakan pengelola kata sandi seperti LastPass atau 1Password. Layanan ini tidak hanya memungkinkan anda membuat sandi yang sangat kompleks dan menjaganya tetap aman, menggunakan sandi Autofill API yang ditambahkan ke Android pada tahun 2017, tetapi aplikasi ini juga dapat dengan cepat menempel di kredensial anda, jadi Anda tidak perlu mengingatnya. Sayangnya, tidak semua aplikasi menerapkan password pengisian otomatis. Jadi pada akhirnya anda harus menyalin sandi nda langsung dari pengelola sandi.

Selain itu, berbagai aplikasi dapat mengautentikasi login Two Factor Authentication (2FA). Kami sangat menyarankan agar anda mengamankan setiap kemungkinan akun dengan beberapa bentuk 2FA. Namun, anda harus ekstra hati-hati saat berpindah ponsel. Terkunci bahkan dari hanya satu login aman 2FA akan menyakitkan, setidaknya.

Kabar baiknya adalah, akhirnya, aplikasi 2FA populer seperti Google Authenticator akhirnya memberi anda opsi untuk mencadangkan 2FA untuk ditransfer ke perangkat lain. Orang-orang seperti Authy dan LastPass telah melakukan ini untuk sementara waktu juga.

Jika sudah di-root

Jika ponsel Android anda di-root, alat fantastis yang disebut cadangan Titanium dapat membuat salinan yang hampir sempurna dari seluruh smartphone anda. Tentu saja, ini memungkinkan anda untuk menginstal ulang setiap aplikasi yang anda miliki di ponsel lama anda. Selain itu, ia juga mencoba mengingat semua preferensi dalam aplikasi anda, dan terkadang bahkan dapat membuat anda tetap masuk.

Sumber Selular.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *