CEO Facebook: kacamata AR adalah yang tersulit

  • Bagikan

Facebook kini sedang mengerjakan teknologi VR untuk kacamata AR yang akan menjadi masa depan komputasi.

Facebook belakangan ini sedang fokus dalam mengembangkan produk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Selama panggilan konferensi pendapatan yang dilakukan pada 28 April, CEO Facebook Mark Zuckerberg menekankan dua bidang tersebut sebagai investasi utama perusahaan, yang merupakan platform komputasi masa depan.

Seperti diketahui, perusahaan dikabarkan akan meluncurkan teknologi VR dalam kacamata AR. Namun, Zuckerberg mengatakan “memasang superkomputer dalam bingkai kacamata” tidaklah mudah. 

“(Kacamata AR) salah satu tantangan teknis tersulit dalam dekade ini,” kata Zuckerberg. “Saya menemukan bahwa masalah yang sangat menarik untuk dikerjakan. Dan Saya pikir begitu itu dapat dicapai, potensi itu akan menjadi sangat besar.”

Meski demikian, Zuckerberg yakin atas kinerja Facebook yang ia nilai baik dalam beberapa kuartal terakhir. Ia menekankan AR dan VR akan menjadi bagian penting dalam berinteraksi dengan komputer di masa depan, dan memiliki potensi untuk mengubah lintasan perusahaan dalam jangka panjang.

Di samping itu, ia juga menyebut keberhasilan Oculus Quest 2, headset VR nirkabel Facebook sebagai tolak ukur dikembangkannya AR dan VR. Terdapat perubahan adopsi pada Quest 2, di mana konten VR tidak hanya berputar pada gim, tapi juga sesuatu yang bersifat sosial. Diketahui, aplikasi yang paling banyak digunakan di Quest 2 saat ini adalah yang bersifat sosial.

Dengan keberhasilan produk VR yang dimiliki dan perkembangan yang terjadi pada platform tersebut, Zuckerberg semakin yakin timnya dapat menghasilkan produk VR lainnya yang dapat mengubah masa depan perusahaan.

“Tapi Saya pikir umpan balik yang kami dapatkan dari produk kami memberi kami keyakinan lebih bahwa prediksi kami untuk masa depan di sini akan terjadi dan kami fokus pada area yang tepat,” kata bos Facebook.

Sumber Tek.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *