Di Tengah Popularitas yang Menurun, Clubhouse Mendarat di Android

  • Bagikan
Di Tengah Popularitas yang Menurun, Clubhouse Mendarat di Android

Jakarta, Bacadaring.com – Beberapa waktu belakangan lalu, jagat dunia maya sedang diramaikan oleh kemunculan sebuah aplikasi sosial media baru yang bernama Clubhouse. Aplikasi Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berbasis audio-chat khusus undangan yang diluncurkan pada tahun 2020 oleh pengembang perangkat lunak Alpha Exploration Co yang hanya tersedia di iOS, sebelumnya.

Aplikasi yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengadakan acara langsung, kecuali dalam format audio. Anggap saja sebagai podcast langsung ini ide yang hampir sama. Ini telah digunakan oleh banyak orang terkenal di bidang teknologi dan selebriti seperti Mark Zuckerberg dan Elon Musk.

Clubhouse berhasil mendapatkan beberapa momentum dalam beberapa bulan terakhir, tetapi terbatas pada iOS di iPhone dan iPad. Faktanya, masih. Namun, ini akan berubah karena perusahaan telah secara resmi mengumumkan program pengujian beta, yang akan segera merilis versi lengkap Clubhouse Ini bukan beta publik, artinya tidak dapat mengunduh dan mengujinya sendiri, tetapi untungnya ada orang yang akan melakukannya.

“Pengujian Android BETA dimulai. Android belum aktif, tetapi kami mulai meluncurkan versi beta kasar ke beberapa penguji yang bersahabat. Jika Anda mendengar seseorang mengatakan bahwa mereka menggunakan Clubhouse di aplikasi Android resmi, berikan sambutan hangat Kami tidak sabar untuk menyambut lebih banyak pengguna Android ke Clubhouse selama beberapa minggu mendatang”. Dikutip dari situs Clubhouse

Sayangnya, persaingan juga semakin populer. Twitter Spaces dan Telegram tersedia di Android sekarang. Selain itu, ada rumor tentang Slack dan Spotify yang akan segera bergabung dengan untuk meramaikan persaingan, yang memang sudah diperkirakan. Satu-satunya pemain utama yang keluar dari permainan saat ini adalah Apple dan Amazon, namu tidak akan terkejut jika mereka mengerjakan layanan serupa.

Menurut penelitian Sensor Tower melalui Business Insider, Clubhouse mengelola 922.000 unduhan di seluruh dunia pada April 2021. Dibandingkan dengan 2,7 juta unduhan di bulan Maret dan 9,6 juta unduhan di bulan Februari, itu adalah penurunan kinerja yang sangat besar.

Sangat disayangkan melihat Clubhouse menjadi korban dari persaingan ketat yang datang dari platform besar, tapi itulah dunia teknologi. Beberapa aplikasi perintis seperti Spotify dan TikTok telah berhasil bertahan dari persaingan perusahaan seperti Apple dan Instagram.

Sumber Selular.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *