Google Lens Android 11+ bisa terjemahkan screenshot

  • Bagikan

Pengguna bisa melihat tulisan yang diterjemahkan saat melakukan screenshot pada layar dengan bahasa asing.

Ketika ingin menerjemahkan kalimat dari format tangkapan gambar, akan membutuhkan waktu banyak untuk menerjemahkannya karena perlu mengetik ulang. Namun, peningkatan fitur Google Lens memudahkan kondisi ini. 

Dilansir dari Gizmochina (27/4), pengguna kini dapat mengambil tangkapan layar dengan bahasa asing dan membiarkan Google Lens melakukan terjemahan tanpa langkah yang harus dilakukan alias otomatis. Fitur baru ini baru tersedia di UI Screenshot Google Lens untuk perangkat yang menjalankan Android 11+. 

Selain menerjemahkan teks, pengguna juga dapat menyalin teks pada tangkapan layar. Teks kemudian dapat diunduh untuk akses offline atau dibagikan ke aplikasi Google Translate dan jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram. Fitur tersebut kabarnya sudah diintegrasikan dengan versi web untuk fungsionalitas yang lebih baik.

Sayangnya, tidak ada informasi apakah fitur terjemahan Screenshot Google Lens ini akan tersedia di Android 10 maupun yang lebih rendah atau tidak. Tetapi tampaknya fitur akan hadir di perangkat Android 12.

Untuk diketahui, Google Lens pertama kali diluncurkan di Google I/O 2017. Ini adalah alat pengenalan gambar yang pertama kali terintegrasi dengan Google Assistant di Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kemudian pada 2018, Lens terintegrasi dengan Google Photos untuk Pixel dan perangkat Android lainnya.

Aplikasi ini dirilis sebagai aplikasi mandiri di Google Play Store pada Juni 2018. Per Januari 2020, aplikasi tersebut mencatat lebih dari 500 juta unduhan.

Sumber Tek.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *