Ikuti Jejak Apple, Google Hadirkan Opsi Matikan Pelacak Iklan  

  • Bagikan
Ikuti Jejak Apple, Google Hadirkan Opsi Matikan Pelacak Iklan  

Jakarta, Bacadaring.com – Google ikuti jejak Apple untuk lebih galak pada pengiklan. Yang diamana Apple sebelumnya telah membuat perubahan signifikan dengan mengharuskan pengembang aplikasi untuk secara eksplisit meminta izin untuk melacak informasi pengguna untuk iklan yang dipersonalisasi.

Perubahan Apple dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak privasi dan transparansi kepada pelanggannya dalam hal pengumpulan data.

Baca juga: Pemahaman Akan Keamanan Data Pribadi Masih Menjadi Tantangan  

Google telah mengkonfirmasi bahwa itu juga akan membuat perubahan bagi pengguna Android untuk keluar dari pelacakan iklan, tetapi tidak dengan cara eksplisit yang sama seperti yang dilakukan Apple. Dimulai dengan Android 12, pengembang tidak akan lagi memiliki akses ke ID Iklan pengguna.

Saat ini, ponsel Android memiliki opsi untuk menyisih dari personalisasi iklan dan ini dapat ditemukan di Pengaturan > Google > Iklan. Namun, aplikasi dapat meminta ID Iklan, melewati opsi pengguna karena digunakan untuk tujuan analitik lainnya.

Dengan perubahan Android 12 yang baru, Google akan menawarkan metode alternatif untuk analitik dan pencegahan penipuan yang tidak menggunakan ID Iklan dan aplikasi tidak akan dapat mengumpulkan pengenal jika pengguna telah memilih keluar.

Google menyebutkan dalam pembaruan kebijakan akan mempengaruhi aplikasi yang berjalan di perangkat Android 12. Ini dimulai dari akhir 2021 dan akan diperluas pada aplikasi yang berjalan di perangkat yang mendukung Google Play awal tahun depan.

Baca juga: Penting! Ini Dia Tiga Langkah Perlindungan Data Pribadi    

Bukan kali ini saja Google lebih tegas mengenai privasi. Beberapa waktu lalu, raksasa mesin pencarian itu juga mengakhiri dukungan pada cookie pihak ketiga di layanan browser-nya Chrome selama dua tahun.

Perubahan pada kebijakan iklan personalisasi ini mengikuti jejak Apple. Pengguna perangkat iOS juga diberikan pilihan untuk keluar dari pelacakan yang membantu pengiklan menargetkan iklan atau perhitungan apakah iklan bekerja.

Sumber Selular.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *