Import Modul Wi-Fi China Ditahan Pemerintah India, Hambat Produksi Smartphone

  • Bagikan
Import Modul Wi-Fi China Ditahan Pemerintah India, Hambat Produksi Smartphone

Jakarta, Bacadaring.com – India dikabarkan telah menahan impor modul wifi dari China selama berbulan-bulan lamanya, hingga membuat perusahaan teknologi seperti pembuat komputer dan smartphone seperti Dell, HP,  Xiaomi, Oppo, Vivo dan Lenovo menunda peluncuran produk terbarunya.

Berbagai produk elektronik  sebut saja seperti speaker bluetooth, earphone nirkabel, smartphone, jam tangan pintar dan laptop terbaru yang menggunakan modul wifi terhambat produksinya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartphone 5G Oppo

Merespon hal itu pihak Dell, HP, Xiaomi, Oppo, Vivo dan Lenovo enggan menangapi larangan tersebut. Sedangkan badan Perencanaan dan Koordinasi Nirkabel (WPC) Kementerian Komunikasi India menyebut penahanan impor modul wi-fi setidaknya sejak November tahun lalu, menurut sumber yang mengetahui persoalan ini.

Lebih dari 80 aplikasi semacam itu yang dimiliki perusahaan AS, China, dan Korea juga telah ditunda oleh WPC. Bahkan aplikasi dari beberapa perusahaan India yang membawa beberapa produk wi-fi dari China juga sedang terhambat, menunggu persetujuan lembaga tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Oppo Dengan RAM Besar 8GB

Sikap keras India terhadap impor China muncul di tengah seruan Perdana Menteri Narendra Modi untuk kemandirian ekonomi yang lebih besar.

Kebijakan nasionalisnya telah membantu meningkatkan pertumbuhan perakitan ponsel cerdas di negara Asia Selatan itu, dan berdasarkan sumber terpercaya bahwa niat pemerintah adalah untuk membujuk berbagai perusahaan teknologi itu agar lebih banyak menempatkan produksi perangkat elektronik mereka di India.

Sumber Selular.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *