Kebakaran di Pemukiman Padat, Pemko Sibolga Akan Anggarkan Hydrant

  • Bagikan

banner 468x60

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Seringnya terjadi kebakaran di pemukiman penduduk yang melanda Kota Sibolga membuat Wali Kota Sibolga memberikan solusi jitu untuk mengantisipasinya. Pengadaan Hydran air akan dianggarkan di setiap pemukiman padat penduduk.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan menjawab pertanyaan awak media terkait kerapnya terjadi kebakaran yang menyebabkan lebih dari satu rumah hangus di lalap si jago merah.

banner 300250

“ Kemarin saat terjadi kebakaran di Jalan Perintis Kemerdekaan, Saya dan Pak Wakil Wali Kota Sibolga turun langsung ke lokasi. Kami lihat petugas Damkar kita siaga dan cepat merespon, “ kata H. Jamaluddin Pohan di damping Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumban Tobing, hari Selasa (04/05/2021) di Posko Kebakaran Jalan S. Parman Kota Sibolga.

Tetapi H. Jamaluddin Pohan mengungkapkan keterbatasan peralatan dan armada Damkar.

“ Petugas Damkar nya siaga tetapi peralatan kita tidak siap alias kurang. Kami sudah pikirkan untuk mengatasi dengan cara menggandeng pengusaha air untuk ikut bersama dengan pemerintah membantu bila terjadi kebakaran, “ lanjut orang nomor satu di Pemko Sibolga ini.

Dikesempatan ini H. Jamaluddin Pohan juga akan menyiapkan Hydran air di lingkungan pemukiman padat penduduk.

“ Khusus di pemukiman padat penduduk , kita akan siapkan Hydran air. Sehingga saat terjadi kebakaran, Hydran ini sudah bisa digunakan sebagai langkah awal memadamkan api dan juga menjadi penyuplai air bagi armada Damkar. Insya Allah tahun depan baik peralatan damkar maupun Hydran air akan kita anggarkan, “ kata Jamaluddin Pohan.

Ilustrasi Pompa Hydrant
Ilustrasi Pompa Hydrant (Foto Istimewa)

Dikesempatan ini, H. Jamaluddin Pohan juga menghimbau warga khusus di pemukiman padat penduduk agar waspada saat musim kemarau. Kepada warga Sibolga juga diingatkan agar tidak memasang instalasi listrik kalua tidak ahlinya.

“ Jangan sembarangan memasang atau menyambung aliran listrik. Ini salah satu penyebab arus pendek dan mengakibatkan kebakaran. Kalau tidak paham minta yang memahami instalasi listrik yang memasangnya, “ pungkas Jamaluddin Pohan.

Amatan awak media terkait kebakaran yang terjadi di beberapa lokasi Sibolga dalam beberapa tahun ini, kebakaran yang awalnya hanya menimpa satu rumah warga tetapi dengan cepat meluas dan menghanguskan beberapa rumah bahkan belasan rumah.

Faktor padatnya pemukiman penduduk menyebakan api cepat menyebar sementara armada damkar kesulitan mencapai lokasi kebakaran.

Baca Juga : Solusi Cerdas dari Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan Atasi Kebakaran di Pemukiman Padat

Semoga kejadian kebakaran yang terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan hari Senin (03/05/2021) siang yang menghanguskan 15 rumah dan menyebabkan 145 jiwa kehilangan tempat berteduhnya menjadi musibah terakhir di Kota Sibolga dengan adanya solusi dari Wali Kota Sibolga ini. (Agus Tanjung)

banner 300x250



Sumber : 1minutenews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *