Kolaborasi Ovo dan Prudential Lahirkan Asuransi Syariah Prutect Care-Hospital Cash

  • Bagikan
Kolaborasi Ovo dan Prudential Lahirkan Asuransi Syariah Prutect Care-Hospital Cash

Jakarta, Bacadaring.com – Ovo bersama Prudential meluncurkan Asuransi Jiwa Kumpulan Syariah Prutect Care (Prutect Care-Hospital Cash), yakni produk asuransi jiwa Syariah berbasis digital. Produk ini sudah tersedia di aplikasi Ovo yang disediakan oleh Prudential.

Jason Thompson, CEO Ovo menjelaskan, menurut The State of Global Islamic Economy (SGIE) Report 2020/2021, Indonesia berada di peringkat 4 perekonomian Syariah terbesar di dunia. Hal ini pula yang mendorong Ovo dan Prudential Indonesia mengembangkan asuransi digital Syariah yang terjangkau bagi masyarakat.

“Peluncuran produk ini oleh Ovo dan Prudential Indonesia sangat tepat waktunya terutama karena pandemi Covid-19 sehingga mampu memberikan perlindungan kepada diri sendiri dan keluarga terhadap virus dan faktor-faktor tidak terduga yang dapat menyebabkan rawat inap, cacat tetap atau kematian,” jelas Jason.

Hasil survei yang dilakukan oleh Ovo terkait persepsi masyarakat terhadap asuransi kesehatan dan jiwa, khususnya yang berbasis Syariah, mempertegas pentingnya kehadiran produk asuransi seperti Prutect Care – Hospital Cash.

Menurut hasil survei tersebut, rendahnya minat masyarakat terhadap produk asuransi dilatarbelakangi oleh persepsi bahwa proses klaim akan sulit dilakukan dan memakan waktu, dan bahwa asuransi belum perlu diprioritaskan sebagai pengeluaran rumah tangga. Temuan ini sejalan dengan tingkat penetrasi asuransi yang rendah di Indonesia yang masih belum mencapai 5% seperti yang dicita-citakan para pelaku industri.

Otoritas Jasa keuangan (OJK) mencatat hingga 2020, penetrasi industri asuransi Indonesia masih di bawah 4 persen, lebih rendah dibanding negara-negara ASEAN lain, seperti Singapura yang sudah 6 sampai 7%.

Walau demikian, survei Ovo menyingkap setidaknya 3 dari 10 responden tertarik untuk memiliki asuransi berbasis Syariah dalam waktu dekat. Dari total responden yang menyatakan ketertarikannya untuk memiliki asuransi Syariah, sebanyak hampir 50% secara spesifik ingin memiliki asuransi jiwa Syariah. Alasan utama yang melandasi keinginan memiliki asuransi adalah untuk mengamankan tabungannya dari pengeluaran tak terduga.

Baca Juga:Ekosistem Ovo Dorong UMKM Masuk Pasar Digital di Kala Pandemi

Sementara Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan Prutect Care–Hospital Cash memberikan berbagai manfaat yang lengkap bagi para nasabah, antara lain perlindungan manfaat dasar meninggal dunia dan manfaat pilihan lain, seperti santunan harian rawat inap (non ICU-Intensive Care Unit), santunan harian rawat inap (ICU), santunan cacat total tetap akibat kecelakaan, santunan meninggal dunia akibat penyakit menular, dan total santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp63 juta untuk paket Platinum.

Prutect Care – Hospital Cash juga menawarkan 2 pilihan masa kepesertaan, yaitu per bulan dan per tahun dengan kontribusi yang sangat terjangkau mulai dari Rp5.000-an per bulan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, Prutect Care–Hospital Cash dapat diakses dan diperoleh melalui aplikasi Ovo dengan menggunakan Ovo Cash dan proses klaim dapat dilakukan secara daring dengan mudah melalui Pulse by Prudential, aplikasi kesehatan dan kebugaran dari Prudential Indonesia yang didukung Kecerdasan Buatan.

“Di tengah berbagai pilihan produk asuransi, Prutect Care–Hospital Cash yang berbasis Syariah dan digital menjadi alternatif yang menarik karena accessible anytime anywhere di genggaman tangan, selain tentunya sesuai dengan nilai-nilai Syariah. Manfaat lengkap dan harganya yang terjangkau membuat produk ini juga cocok untuk keluarga saya agar memastikan mereka pun terproteksi dengan baik,” ujar Jens Reisch.

Sumber Selular.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *