Samsung diprediksi pimpin pasokan semikonduktor di Q2 2021

  • Bagikan

Samsung diperkirakan akan merebut kembali posisi teratasnya sebagai pemasok semikonduktor terkemuka pada kuartal kedua.

Ada sebuah laporan baru yang mengungkapkan bahwa Samsung diperkirakan bakal kembali menjadi pemimpin dalam peringkat pemasok semikonduktor pada kuartal kedua tahun ini. Laporan ini hadir lantaran Intel diproyeksikan akan mengalami performa kurang baik selama periode ini.

Performa Intel akan melambat pada kuartal kedua sementara permintaan pasar DRAM diperkirakan dapat menempatkan Samsung sebagai pemimpin, sebagaimana dilaporkan oleh IC Insights. Intel telah memimpin pasar manufaktur semikonduktor sejak 1993 hingga 2016. Namun kepemimpinan tersebut direbut pada tahuhn 2017 oleh Samsung karena lonjakan permintaan pasar. Ini menandai kemenangan besar Samsung karena telah berusaha untuk mengambil alih Intel selama bertahun-tahun.

Dilansir dari Gizmochina (6/5), semenjak saat itu Samsung memegang posisi terdepan selama 6 kuartal dalam peringkat pemasok semikonduktor sebelum keruntuhan pasar memori yang terjadi pada 2018. Hal ini menyebabkan Intel merebut kembali kepemimpinannya pada kuartal keempat 2018. Pada 2019, Intel menghadapi penurunannya sendiri tetapi tidak separah yang dihadapi Samsung, yang berubah dari memiliki pendapatan 17% lebih banyak daripada Intel pada 2018, menjadi mengalami penurunan penjualan 18% hanya dalam 2 kuartal kemudian.

Pada 2020, Intel memimpin pasar semikonduktor global dalam hal penjualan, terhitung 15,5% dari saham senilai USD76,3 miliar. Saingan mereka, Samsung, mengikuti di belakang dengan pangsa pasar sebanyak 12,6%, dengan penjualan mencapai USD61,9 miliar. Sekarang, Samsung diperkirakan akan merebut kembali posisi teratasnya sebagai pemasok semikonduktor terkemuka pada kuartal kedua tahun ini.

Sumber Tek.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *