Smartwatch Bisa Dimanfaatkan untuk Memprediksi Hasil Tes Darah

  • Bagikan
Smartwatch Bisa Dimanfaatkan untuk Memprediksi Hasil Tes Darah

Jakarta, Bacadaring.com – Smartwatch sudah jamak digunakan sekarang ini. Fitur utamanya biasa diisi oleh fitur kesehatan dan kebugaran. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa smartwatch kini bisa digunakan untuk memperdiksi hasil tes darah.

Penelitian ini dilakukan oleh Duke University dan Stanford University, di mana mereka menemukan bahwa berkat penggunaan learning machine, perangkat seperti smartwatch bisa digunakan untuk menandai kondisi tertentu, seperti detak jantung, suhu tubuh dan lain sebagainya.

Gagasan di balik penelitian ini adalah untuk menemukan apakah data jangka panjang yang dikumpulkan dari jam tangan pintar dapat menyimpan data yang berpotensi menjadi indikator hasil tes darah.

Berdasarkan hasil dan pengamatan 54 pasien selama tiga tahun, mereka menemukan bahwa jam tangan pintar memang dapat membantu memprediksi masalah tertentu seperti dehidrasi, anemia, dan banyak lagi.

Namun, para peneliti mengakui keterbatasan tertentu karena data yang dikumpulkan biasanya tidak cukup spesifik untuk memprediksi hal-hal seperti sel darah merah atau putih, atau mendiagnosis jenis penyakit yang mungkin diderita seseorang, tetapi ini tetap merupakan studi yang menarik.

Sumber Selular.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *